Daihatsu Terios Toyota Rush Club Indonesia

Berani Join, Berani Kopdar, Berani Touring

TeRuCI Chaprendang Bantu Korban Tanah Longsor Maninjau

Terios Rush Club

Komunitas Terios Rush Club Indonesia Chapter Regional Rumah Gadang (Teruci Chaprendang) Sumatera Barat memberikan bantuan untuk korban terdampak bencana galodo yang disebabkan tanah longsor di Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya Agam.

Bantuan itu diantarkan langsung oleh pengurus dan anggota Teruci Chaprendang Sumbar ke Posko Penanggulangan Bencana Galodo di Jorong Galapung, pada Minggu, 24 November 2019 dan diterima oleh Satgas Penanggulangan Bencana Galodo di Galapung. 

Musibah galodo di Jorong Galapung itu terjadi pada Rabu, 20 November 2019 sekitar pukul 19.00 WIB. Galodo itu disebabkan karena hujan lebat dari siang hingga malam, sehingga berakibat tanah longsor yanh menimbulkan bencana galodo.

Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun akibat bencana alam itu, dua unit rumah semi permanen hanyut dan 12 unit rumah mengalami rusak berat dan sedang. Kemudian satu masjid dan satu unit MDA Galapung juga tertimbun material galodo berupa lumpur, batu dan tanah.

Kumendan Teruci Chaprendang Sumbar Dedy Satria Asmon mengatakan, bantuan untuk korban bencana galodo ini merupakan donasi dari anggota Teruci Chaprendang Sumbar yang dihimpun melalui Bidang Bakti Sosial dan Humas.

"Penggalangan donasi ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat korban terdampak bencana alam tersebut. Dan alhamdulillah, begitu terkumpul langsung kami distribukan dalam bentuk logistik," kata Dedy Satria Asmo di sela-sela acara penyerahan bantuan bencana galodo di Jorong Galapuang, Minggu siang.

Dikatakannya, saat penggalangan donasi/dana, pengurus didukung para anggota yang berdomisili berdekatan dengan lokasi bencana, juga melakukan survey dan mencari informasi kebutuhan yang mendesak dari masyarakat terdampak.

“Kami tidak memberikan bantuan berupa makanan seperti beras, mie instan, karena bantuan tersebut sudah banyak sekali berdatangan dari instansi, perusahaan, lembaga sosial lainnya,” ujar Dedy di dampingi pengurus lainnya Djoni Iskandar, Erinaldi, Jasnil Khaidir dan mewakili DPP Teruci, hadir Hendri Sudarnoto.

Menurut Dedy, Teruci Chaprendang Sumbar memberikan bantuan logistik berupa peralatan dapur, seperti kompor gas, tabung gas dll. Ia berharap, bantuan yang diberikan oleh keluarga besar Teruci Chaprendang Sumbar dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana. 

Kemudian di samping itu, Dedy pun juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota Teruci Chaprendang Sumbar atas kepeduliannya terhadap musibah yang terjadi di kawasan Danau Maninjau tersebut. "Alhmadulillah, ini berkat kepedulian kawan-kawan Teruci," bebernya.

Humas Teruci Chaprendang Sumbar Riko Yulrahmen yang ditunjuk sebagai koordinator penggalangan donasi bersama bidang Bakti Sosial Teruci Chaprendang Sumbar merinci bantuan yang diberikan kepada korban terdampak bencana galodo.

Untuk tabung gas, katanya, lengkap dengan regulator dan kompor gasnya. Kemudian bantuan lainnya, adalah piring, gelas, panci, periuk dan lainnya. “Semua barang-barang tersebut kami siapkan masing-masingnya sebanyak 12 set, untuk 12 rumah tangga atau keluarga yang menjadi korban," katanya.

Sementara itu, Koordinator Posko Penanggulangan Bencana Galodo di Jorong Galapung Kapten Inf Chairul M mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan keluarga besar Teruci Chaprendang Sumbar.

"Bantuan berupa peralatan rumah tangga sangat berguna sekali bagi korban bencana. Kami mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Teruci Chaprendang Sumbar yang cepat tanggap," kata Kapten Inf Chairul M usai menerima bantuan dari Teruci. (*)

Foto Album » TeRuCI Chaprendang Bantu Korban Tanah Longsor Maninjau

Album : TeRuCI Chaprendang Bantu Korban Tanah Longsor Maninjau
Album : TeRuCI Chaprendang Bantu Korban Tanah Longsor Maninjau
Album : TeRuCI Chaprendang Bantu Korban Tanah Longsor Maninjau
Album : TeRuCI Chaprendang Bantu Korban Tanah Longsor Maninjau
scroll up